Redakan Arthritis Dengan Melakukan Olahraga Air Ini

Olahraga untuk penderita arthritis sangat diperlukan untuk proses penyembuhan. Arthritis atau radang sendi merupakan salah satu penyakit yang menyerang kesehatan sendi sehingga membuatnya terasa sakit. Karena kondisi sendi yang sakit inilah membuat para penderitanya takut untuk berolahraga. Padahal, olahraga sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh. Ternyata olah raga dengan jenis yang tepat juga jutsru sangat dianjurkan oleh para penderita arthritis.

Jenis Olahraga Untuk Penderita Arthritis yang Tepat

Memang tak semua jenis olahraga aman dilakukan oleh para penderita radang sendi. Jangan jadikan radang sendi sabagai penghalang untuk melaksanakan beragam aktivitas termasuk olahraga. Berikut ini adalah beberapa jenis olah raga yang baik dilakukan oleh penderita radang sendi:

  • Berjalan di Dalam Air
    Olahraga ekstrim tidaklah dianjurkan oleh penderita arthritis. Salah satu jenis olahraga untuk nyeri sendi lutut yang mudah dan ringan dilakukan namun memberikan efek yang sangat positif adalah berjalan di dalam air. Saat melakukan olahraga ini, lakukan gerakan jalan layaknya sedang berjalan di atas permukaan tanah. Tapakkan seluruh permukaan kaki dari tumit hingga ujung kaki. Supaya keselematan tetap terjaga, gunakan alat pelampung.
  • Berenang
    Berenang juga merupakan salah satu jenis olahraga air yang sangat pas dilakukan oleh penderita arthritis. Olahraga renang dapat menjaga kestabilan berat badan dan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Beberapa gaya dalam olahraga berenang yang baik untuk pengobatan radang sendi antara lain gaya bebas, gaya dada dan gaya punggung.
  • Lari Kecil di Dalam Air
    Selain berjalan di dalam air, jogging, atau lari kecil di dalam air juga dapat dijadikan olahraga air untuk nyeri sendi yang tepat. Jenis olahraga ringan lain yang dapat dilakukan di dalam air selain jogging adalah sit up. Namun sebelum melakukannya, konsultasilah terlebih dahulu dengan dokter supaya tidak beresiko fatal.
  • Aerobik Air
    Aerobik tak hanya dapat dilakukan di daratan. Di dalam air pun aerobik dapat dilaksanakan. Yang perlu dilakukan sebelum melakukan olahraga ini di dalam air adalah melakukan pemanasan ringan terlebih dahulu. Mulailah gerakan-gerakan aerobik yang ringan atau dasar dahulu di kolam yang dangkal. Tambah ritme dan kedalaman air secara bertahap untuk hasil yang maksimal. Apabila lutut sakit saat olahraga jenis ini, istirahatlah sejenak. Hal ini mungkin terjadi karena kurangnya pemanasan yang dilakukan yang menyebabkan sendi atau tulang terkejut.

Manfaat Olahraga Air Bagi Penderita Arthritis

Setelah mengetahui beberapa jenis olahraga khususnya olahraga air yang bermanfaat bagi para penderita arthritis, simaklah beberapa manfaatnya berikut ini:

  • Dapat Mengurangi Nyeri
    Salah satu keluhan yang banyak dirasakan oleh penderita artritis adalah rasa nyeri yang hebat di persendian. Rutin berolahraga di dalam air dapat mengurangi rasa nyeri secara optimal.
  • Meningkatkan Fleksibilitas
    Olah raga dalam air juga sangat mampu meningkatkan fleksibilitas gerakan tubuh serta membuat rentang gerakan tubuh menjadi lebih banyak. Hal ini tentu dapat memaksimalkan aktivitas sehari-hari.
  • Memaksimalkan Fungsi Sendi
    Tidak berolahraga sama sekali justru dapat memperburuk kondisi radang sendi. Pilihan olahraga yang tepat justru mampu memaksimalkan fungsi sendi dan semakin menyehatkannya.
  • Membuat Otot Semakin Terlatih
    Air mampu membuat resistensi alami pada saat Anda menggerakkan tubuh. Hal ini mampu membuat kinerja otot semakin terlatih dengan beban tanpa membutuhkan alat layaknya berolahraga di daratan.

Pendapat bahwa olahraga dapat memperparah radang sendi tidaklah benar. Olahraga yang tepat seperti beberapa jenis olahraga air di atas dapat dijadikan olahraga untuk penderita arthritis yang tepat. Kinerjanya justru membantu mengurangi nyeri bahkan dapat dijadikan terapi penyembuhan.

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *