Tips Menjaga Kesehatan saat Pancaroba

Pada saat musim pancaroba, tubuh Anda akan dipaksa untuk menyesuaikan dengan kondisi yang ada. Pergantian cuaca yang tiba-tiba akan membuat suhu, kelembaban, dan temperatur menjadi berubah-ubah. Jika tubuh Anda sulit beradaptasi maka akan mengakibatkan berbagai macam penyakit. Untuk itu Anda harus memiliki siasat untuk mengatasinya. Berikut ini adalah cara agar tubuh tidak mudah terserang penyakit saat pancaroba:

10 Tips Menjaga Kesehatan saat Pancaroba

  1. Rajin Melakukan Olahraga
    Anda cukup berolahraga selama 20 hingga 45 menit saja. Yang terpenting tubuh Anda selalu bergerak dan aktif. Hal ini bertujuan agar tubuh tetap bugar dan terjaga walaupun sedang musim pancaroba, sehingga tidak mudah terserang penyakit.
  2. Asupan Nutrisi Untuk Tubuh Harus Cukup
    Dengan terpenuhinya nutrisi di dalam tubuh, maka dijamin serangan penyakit pun mudah ditahan. Kurangi makanan manis dan berlemak tinggi, serta kurangi juga makanan yang diolah dengan cara dibakar atau digoreng.
  3. Minum Air Putih Yang Cukup
    Air putih memiliki sejuta manfaat untuk tubuh, dan sangat bermanfaat ketika sedang menghadapi cuaca yang tidak menentu. Air putih mampu memperlancar pencernaan dan metabolisme tubuh Anda, sehingga sangat diwajibkan untuk minum air putih 8 sampai 10 gelas sehari.
  4. Mengonsumsi Vitamin Atau Suplemen
    Suplemen atau vitamin sangat disarankan untuk dikonsumsi dalam menghadapi musim pancaroba. Keduanya mampu meningkatkan daya tahan tubuh dari berbagai serangan virus dan bakteri, sehingga Anda dapat terhindar dari ancaman sakit.
  5. Rutin Mencuci Tangan
    Bakteri atau kotoran seringkali menempel di tangan. Hal ini karena tangan adalah bagian tubuh yang paling aktif dalam bergerak dan memegang suatu benda. Oleh sebab itu biasakan mencuci tangan setelah selesai melakukan aktivitas tertentu. Bisa juga dengan menggunakan gel anti bakteri.
  6. Membawa Baju Hangat
    Meski hari terlihat cerah, namun saat musim pancaroba bisa saja akan terjadi hujan. Untuk mengantisipasinya Anda bisa membawa baju hangat. Hal ini agar tubuh tidak kedinginan akibat suhu yang menurun. Sehingga Anda bisa terhindar dari flu atau demam.
  7. Menjaga Dapur Tetap Bersih
    Makanan yang bersih berasal dari dapur yang bersih juga. Pastikan dapur terbebas dari berbagai noda membandel dan kerak yang bisa jadi sumber bakteri dan penyakit. Selain itu pastikan juga alat memasak dicuci kembali dengan air hangat agar bakteri yang masih tersisa bisa langsung mati. Ada banyak produk sabun yang memiliki kualitas baik dalam membersihkan noda dan kuman, pilihlah yang cocok dan sesuai dengan selera.
  8. Mencuci Buah dan Sayuran Sebelum Dikonsumsi
    Buah dan sayuran yang kita konsumsi secara rutin bisa mencegah Anda dari serangan berbagai penyakit saat musim pancaroba. Namun sebaiknya buah dan sayuran tersebut dicuci terlebih dahulu hingga bersih sebelum dicuci. Ada beberapa sabun pencuci yang aman digunakan, sehingga tidak menyebabkan masalah. Cucilah buah dan sayuran dengan air mengalir, agar kotoran bisa terbebas dengan baik.
  9. Waktu Tidur Yang Terjaga
    Orang yang memiliki kualitas tidur yang tidak teratur biasanya mudah lelah dan sering terserang flu atau demam saat musim pancaroba. Oleh sebab itu Anda harus bisa mengatur waktu tidur dengan baik. Walaupun masih ada tugas yang memaksa kita lembur ada baiknya diselesaikan sebelum jam tidur tiba, agar keesokan harinya Anda tidak merasa kelelahan akibat kurang tidur. Kebiasaan begadang juga tidak baik karena menyebabkan berbagai penyakit seperti diabetes, gangguan pada jantung, serta stroke.
  10. Istirahat Yang Cukup
    Istirahat yang cukup juga penting dalam menjaga tubuh Anda dari serangan berbagai penyakit pada saat musim pancaroba. Salah satunya adalah dengan cara tidur selama kurang lebih 8 jam sehari. Manfaat dari tidur cukup ini akan membuat tubuh Anda terasa segar dan bugar, sehingga siap untuk menghadapi kegiatan di esok hari.

Terapkanlah tips di atas agar Anda beserta keluarga tersayang bisa terhindar dari gangguan kesehatan. Tidak lupa juga untuk mengajak orang lain di sekitar kita untuk berperilaku sehat dengan menjaga kebersihan diri dan lingkungan, sehingga sumber penyakit bisa dihilangkan. Selain itu kebugaran tubuh juga harus diperhatikan dengan cara makan dengan kadar nutrisi yang cukup, olahraga rutin, dan waktu tidur yang terjaga.

Be First to Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *